Talkshow Anak Berkebutuhan Khusus
“Keterbatasan Bukan Batasan”
Acara Talkshow ini dilaksanakan pada hari
Rabu, 25 Mei 2016, dengan pembicara:
1.
Arist Merdeka
Sirait (Ketua Komisi Perlindungan Anak)
2. Katarina Ira Puspitawati.M.PSI.
3. Zelda Maharani (Bintang tamu)
Talkshow ini membahas masalah seputar anak
berkebutuhan khusus (ABK) dengan mengusung tema keterbatasan bukan batasan. Pada
awal acara panitia menyuguhkan beberapa nyanyian yang dibawakan oleh Zelda
Maharani dengan menggunakan piano. Zelda ini merupakan salah satu anak
berkebutuhan khusus, Zelda juga pernah mengikuti sebuah ajang kontes musik,
suara Zelda yang merdu sangat membuat terharu karena dia mampu menunjkkan
kepada yang lain sebuah keterbatasan bukanlah hambatan untuk mencapai impiannya,
saya rasa kita juga perlu untuk meniru semangat Zelda.
Setelah itu masuk ke dalam materi, yang
pertama kali dibahas adalah bagaimana cara orangtua mengidentifiasikan anaknya
apakah anaknya merupakan anak berkebutuhan khusus atau tidak? Salah satu
jawaban menurut Katarina Ira Puspitawati adalah dengan memahami perkembangan
anak, apakah perkembangannya berjalan normal seperti anak lainnya. Mulai dari
perkembangan secara fisik maupun psikisnya, seperti apakah perkembangan kosa
katanya sesuai dengan anak usianya atau perkembangan motoriknya apakah sesuai
dengan anak seusianya, lalu apakah anak sering mengalami tantrum atau tidak.
Tantrum adalah ledakan emosi dari anak atau bisa juga disebut emosi yang
takterkendalikan dan berlebihan yang ditunjukkan oleh anak, biasanya tantrum ditandai
dengan sikap anak yang sering beteriak-teriak, ketika bicara nada suara selalu
ditinggikan, tidak bisa diam, sering marah dan lain sebagainya. Pada tahap ini
orang tua dirasa perlu untuk mengawasi setiap perkembangan anaknya. Lalu bagaimana
cara mengatasi anak yang tantrum?
1.
Sebagai
orangtua kita harus ekstra sabar dalam menghadapi anak tantrum tersebut, jangan
terbawa emosi. Karena ketika orangtua terbawa emosi dan ikut marah terhadap
anak, ini tidak akan merubah apapun malah akan memperburuk suasana atau membuat
anak semakin membangkang.
2. Berikan pengertian dan bicarakan masalah
yang terjadi ketika emosi anak sudah stabil atau ketika dia sudah tenang. Karena
jika orangtua membicarakan masalah itu ketika anak masih emosi, perkataan
orangtua tidak akan di dengar oleh anak.
3. Peluklah anak dengan lembut dan penuh
kasih sayang, karena anak adalah titipan dari tuhan.
Bagaimana
pengobatan pada anak berkebutuhan khusus yang masih dalam tahap Intervensi?
1.
Lakukan
intervensi atau terapi perilaku anak
2. Lakukan terapi okupasi atau terapi untuk
pendengaran
3. Lakukan terapi untuk berbicara
Tindakan
apa yang harus dilakukan oleh orangtua terhadap anaknya yang ABK?
1.
Orangtua
harus mengajak anak bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, hal ini perlu
dilakukan untuk membuat anak mengembangkan kemampuan bersosialisasinya. Karena
dengan cara mengungkung anak didalam rumah akan membuat anak lebih stress dan
menghambat perkembangannya.
2. Sebagai orangtua kita harus
memperlakukannnyaa seperti anak normal lainnya, jangan membeda-bedakan mereka
karena hal ini dapat membuat anak merasa rendah dimatayang lain. Sebelum anak
dapat diterima oleh lingkungannya, sebagai orangtua harus lebih dahulu untuk
menerima keadaan anak kita.
3. Orangtua perlu untuk memikirkan sekolah
apa yang baik untuk anaknya, apakah sekolah untuk anak berkebutuhan khusus atau
sekolah normal dengan program intuisi? Masing-masing memiliki kelebihan dan
kekurangannya, diantaranya adalah:
a. Sekolah untuk anak berkebutuhan khusus,
tentu tenaga pengajarnya memiliki keterampilan atau kemampuan yang khusus dari
guru-guru biasanya. Di sekolah ini juga dianggap ‘aman’ maksudnya adalah semua
murid dalam sekolah ini adalah anak berkebutuhan khusus sehingga tidak aka nada
pembedaan perilaku ataupun kasus bullying pada ABK, tetapi kekurangannya adalah
anak tidak memiliki kesempatan untuk bersosialisasi dengan anak ‘biasa’
lainnya.
b. Sekolah normal dengan program intuisi,
sekolah ini menerapkan sistem belajar dimana anak normal akan dicampur oleh
ABK, tetapi ABK ini memiliki guru pendamping yang akan menemaninya selama
proses pembelajaran berlangsung, sekolah ini baik karena dapat mengembangkan
kemampuan anak dalam bersosialisasi dengan lingkungannya. Kekurangan dari
sekolah ini adalah tidaksemua anak dapat menerima ABK, terkadang ada saja anak ‘biasa’
yang mengolok-olok ABK tersebut.
Menurut Arist Merdeka Sirait, anak adalah
sebuah anugrah dan titipan dari tuhan yang harus kita jaga. Hak dan kewajiban
dari anak berkebutuhan khusus dan anak ‘biasa’ adalah sama. Saat ini di
Indonesia sedang marak-maraknya terjadi berbagai kasus kekerasan seksual pada
anak, kekerasan ini tidak hanya terjadi pada anak normal saja, justru anak
berkebutuhan khusus ini adalah mangsa yang rentan yang dapat diburu oleh
predator. Ancama ini yang paling utama adalah orang terdekat, kerabat. Lalu bagaimana
cara untuk menghindarinya?
1.
Memperkuat
spiritual pada setiap diri orang
2. Memahami bahwa anak berkebutuhan khusus
juga memiliki hak yang sama seperti halnya anak yang lain.
Acara ini ditutup dengan persembahan lagu
dari dua orang anak berkebutuhan khusus dan pemberian doorprize untuk peserta
yang bertanya pada narasumber acara ini.
Kesimpulannya adalah, anak berkebutuhan
khusus juga memiliki hak yang sama seperti anak normal lainnya, jangan lagi
jadikan mereka sebagai jokes atau candaan karena itu dapat menyakiti hati
mereka, kita sebagai orang terdekatnya justru harusnya mendukungnya. Orangtua
pun jangan hanya mengandalkan pendidikan sekolah saja karena orangtua perlu
untuk selalu mendampingi anaknya, berikan pengarahan yang baik, lakukan terapi
sederhana dirumah, bersikap lembut dan sabar pada anak karena anak merupakan
anugerah dan titipan dari tuhan yang harus kita jaga. Sebelum diterima oleh
lingkungan keluarga harus dapat menerima keadaan anak tersebut terlebih dahulu,
karena anak berkebutuhan khusus membutuhkan penerimaan seperti orang normal
lainnya, hak yang sama dan kasih sayang yang sama. Mereka lahir dengan
kekurangannya, tetapi bukan berarti mereka tidak memiliki kelebihan apapun,
mereka pun punya kelebihan mereka sendiri bahlan tidak jarang ada ABK yang
lebih hebat dari anak normal lainnya.
Saya dan teman-teman merasa senang karena
mendapatkan ilmu dan informasi yang baru tentang anak berkebutuhan khusus,
jangan lagi kita membeda-bedakan sikap kepada ABK, karena dibalik kekurangannya
mereka memiliki kelebihan dan bakat yang terpendam.
Komentar
Posting Komentar