HUBUNGAN
MATEMATIKA DENGAN ILMU PSIKOLOGI
Psikologi adalah studi
ilmiah tentang hubungan antara prosesmental, emosi, dan
perilaku. Matematika dan psikologi dihubungkan dengan tiga cara
utama. Pertama, psikolog kognisi studi matematika, yaitu, perkembangan
otak, akuisisi, dan penerapan kemampuan matematika. Kedua, psikolog
menyelidiki perasaan orang dan sikap tentang matematika. Ketiga, psikolog
menggunakan matematika, terutama statistik, sebagai alat profesional untuk
mengukur dan menganalisis temuan-temuan ilmiah mereka.
Psikolog yang bekerja
di bidang studi matematika bagaimana manusia kognisi memproses informasi,
menafsirkansimbol matematika,dan mengembangkan dan menggunakan strategi untuk
memecahkan masalah matematika. Sebagai contoh, keterampilan ini sangat
penting untuk disebut kata “masalah”, dimana deskripsi tertulis harus
diterjemahkan ke dalam persamaan. Kebanyakan siswa menganggap “kata”
masalah yang lebih sulit untuk memecahkan daripada jenis lain masalah
matematika. Hal ini karena “kata” masalah memerlukan berbagai keterampilan
dari otak, termasuk kemampuan untuk membaca dan memahami makna dan konteks dari
kata-kata, kemampuan untuk memahami dan menentukan masalah matematika,
kemampuan untuk menetapkan simbol matematis untuk variabel tidak diketahui ,
dan akhirnya, kemampuan untuk menerapkan strategi pemecahan masalah dan
menghitung jawaban yang benar.
kognisi Matematika
adalah bidang yang sangat penting dalam psikologi. Ini manfaat ilmuwan dan
dokter mempelajari otak, dan membantu para pendidik mengembangkan metode
pengajaran yang lebih baik untuk matematika. Selain itu, studi yang sangat
penting bagi pengembangan “pintar” komputer, jaringan syaraf tiruan, logika
fuzzy, robot, dan kecerdasan buatan.
Psikolog juga
mempelajari bagaimana orang-orang merasa tentang matematika, karena perasaan
seseorang tentang pengaruh subjek kesediaan mereka untuk belajar dan
menggunakannya. Misalnya, perbedaan budaya dan gender dalam sikap tentang
matematika mempengaruhi nilai tes. Daerah lain menerima banyak perhatian
disebut matematika fobia atau kecemasan matematika. Math fobia adalah
takut matematika.Orang dengan fobia matematika menjadi sangat tidak
nyaman dan cemas ketika dihadapkan dengan tugas-tugas matematika yang mereka
dapat mengalami gejala fisik termasuk peningkatan denyut jantung, perut gugup,
dan kesulitan bernapas yang mencegah mereka dari berkonsentrasi dan
belajar. Perasaan ini telah dilacak ke berbagai sumber, termasuk
pengalaman negatif di ruang kelas, citra diri yang buruk, kurangnya apresiasi
untuk aplikasi matematika untuk “kehidupan nyata,” dan rasa malu yang mencegah
mengajukan pertanyaan.
Link utama ketiga
antara psikologi dan matematika adalah bahwa psikolog menggunakan alat-alat
matematika dan statistik untuk mengukur dan menganalisa hasil penelitian
mereka. Penggunaan ini disebut psikometri dan timbul dari
penerapan metode ilmiahdalam psikologi, yaitu, suatu metode sistematis
pengumpulan data, pengembangan hipotesis, dan pengujian eksperimental yang
dapat digandakan dan diverifikasi oleh ilmuwan lainnya.
Salah satu contoh dari
psikometri adalah Intelligence Quotient (IQ) tes, tes standar yang
mengukur kecerdasan relatif seseorang.Sebuah nilai IQ adalah pengukuran
relatif, dibandingkan dengan referensi IQ 100 untuk nilai rata-rata. skor
IQ untuk populasi besar merupakan contoh dari fungsi statistik yang disebut
distribusi normal. kurva normal atau kurva Gauss adalah kurva
lonceng berbentuk akrab di mana pengukuran yang digambarkan sepanjang sumbu x
dan frekuensi digambarkan sepanjang sumbu-y. Sebagian besar nilai IQ jatuh
di bagian luas kurva dekat nilairata-rata 100. Sebagai skor menyimpang
negatif atau positif dari 100, mereka penurunan frekuensi.
Metodologi Q adalah
jenis analisis yang digunakan dalam psikologi untuk mengukur dan
mengkuantifikasi perasaan sekelompok orang mengenai topik
tertentu. Sebagai contoh, sebuah kelompok besar mahasiswa bisa diminta
dengan pertanyaan berikut: “Bagaimana perasaan Anda tentang sekolah
Anda?” Berbagai macam jawaban akan dikumpulkan mulai dari “Aku benci” untuk
“Aku cinta” dengan banyak pendapat di antara menunjukkan sifat baik dan buruk
dari sekolah. Set seluruh pendapat disebut concourse tersebut. Dari
itu, dalam jumlah terbatas pendapat (sampel Q) akan dipilih yang mewakili
spektrum respon. Selama wawancara berikutnya, para siswa akan membaca
sampel Q dan peringkat tingkat kesepakatan dengan masing-masing pendapat
menggunakan skala -4 ke +4, dimana -4 menunjukkan ketidaksetujuan yang kuat dan
+4 menunjukkan perjanjian yang kuat dengan pendapat itu. Proses ini
disebut Q sorting. Data numerik yang dihasilkan dapat dianalisis dengan
menggunakan fungsi statistik untuk memberikan gambaran matematika pendapat
siswa tentang sekolah mereka.
konsep statistik umum
dan alat dipelajari dan digunakan oleh psikolog termasuk korelasi,
regresi, sampling distribusi, fungsi kepadatan probabilitas, dan
analisis faktor.
Komentar
Posting Komentar